Penting Untuk Diketahui! Inilah Keuntungan Dan Kerugian Cashless Payment Indonesia

Selama melakukan transaksi menggunakan uang tunai, tidak sedikit orang-orang sering mengeluhkan waktunya yang lama dan dinilai tidak efisien. Untuk mengatasi keluhan tersebut, Bank Indonesia mengkampanyekan kepada masyarakat mengenai transaksi yang dilakukan tanpa menggunakan uang tunai atau lebih dikenal dengan cashless payment Indonesia. Adanya sistem transaksi non tunai saat ini cukup membawa kemudahan untuk melakukan proses transaksi yang lebih praktis, cepat, dan aman.

Meskipun dilihat dari segi popularitasnya untuk metode transaksi atau payment non tunai belum bagus khususnya di Indonesia, transaksi yang dilakukan konsumen dengan metode non tunai ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Karena hal tersebut, kondisi ini membawa negara Indonesia termasuk ke dalam negara dengan pertumbuhan digital yang semakin canggih.

Apa Itu Cashless Payment Indonesia?

Bagi orang awam, istilah cashless payment mungkin masih asing terdengar padahal pada faktanya sudah banyak orang-orang yang telah menggunakan layanan tersebut. Lalu apa itu cashless payment yang tengah trend menjadi metode payment di Indonesia?

Secara harfiah, cashless payment memiliki arti pembayaran tanpa menggunakan uang tunai. Di era modern seperti sekarang ini, cashless mengacu pada penggunaan bentuk digital payment dan bukan lagi uang tunai untuk pembayaran berbagai biaya yang langsung dilakukan oleh individu. 

Keuntungan Dan Kerugian Cashless Payment Indonesia

Untuk memudahkan Anda dalam memahami apa itu cashless payment, berikut ini terdapat berbagai keuntungan selama menggunakan layanan pembayaran non tunai atau cashless.

  • Ketika ingin melakukan transaksi atau pembayaran yang lainnya, seseorang tidak perlu lagi membawa uang tunai dimana hal ini bisa membantu mengurangi resiko terjadinya pencopetan.
  • Dengan layanan cashless payment, hal ini dapat mengurangi rasa ketidaknyamanan dan ketidakamanan saat membawa uang tunai terutama ketika jumlah uangnya cukup banyak.
  • Transaksi cashless payment tidak memungkinkan untuk menerima pembayaran menggunakan uang palsu dan lain sebagainya.
  • Transaksi non tunai lebih mudah dilacak jika terjadi transaksi yang illegal. Berbeda dengan sistem transaksi dengan uang tunai yang illegal, dimana hal ini akan susah dilacak karena proses payment tidak masuk ke sistem perbankan yang sudah berbasis digital.
  • Semua transaksi yang dilakukan lebih terorganisir via bank dan lembaga keuangan.

Selain membawa keuntungan dan mempunyai kelebihan, cashless payment juga memiliki kelemahan tersendiri diantaranya :

  • Kurangnya pengetahuan orang-orang untuk melakukan transaksi digital membuat jangkauan layanan cashless payment ini terbatas yang hanya mencakup pusat perkotaan saja. Sedangkan untuk masyarakat pedesaan, mereka belum bisa menggunakan layanan transaksi seperti ini karena jaringan internet yang susah diakses.
  • Kurangnya dukungan infrastruktur di negara Indonesia menjadi salah satu kendala berjalannya sistem pembayaran cashless.
  • Mulai bermunculannya penjahat cyber menyebabkan kasus penipuan transaksi online dan peretasan rekening marak terjadi sehingga proses transaksi atau payment ini dinilai kurang aman.
  • Cara pembayaran cashless atau non tunai melibatkan beberapa biaya transaksi yang tidak sesuai dengan transaksi tunai. Bagi masyarakat yang kritis terhadap biaya, sistem transaksi cashless payment ini menjadi suatu kendala tersendiri.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan cashless payment Indonesia yang harus Anda ketahui sebelum memulai untuk menggunakan layanan tersebut. Baik itu transaksi payment yang dilakukan secara tunai ataupun non tunai, hal penting yang harus Anda perhatikan yaitu keamanan selama melakukan pembayaran dan transaksi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *