Ketahui Apa Saja Jenis-Jenis Pembayaran Online

Berbelanja di online shop saat ini memang lebih banyak digemari kalangan para pecinta shopping, jika dibandingkan dengan berbelanja secara langsung di toko fisik yang berada di mall-mall. Meskipun sudah banyak masyarakat yang menyukai berbelanja di online shop, tidak sedikit yang masih kesulitan pada saat melakukan transaksi karena kurangnya pengetahuan tentang cara-cara dan jenis-jenis pembayaran online. Selain itu, hal tersebut juga disebabkan karena beberapa pemilik atau penjual toko online menyediakan metode pembayaran yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Pembayaran Online Untuk Belanja Di Online Shop

Dari beberapa metode payment yang ada, terdapat beberapa jenis pembayaran online di online shop yang populer dan banyak digunakan dengan segala kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode yang ada. Jenis-jenis online payment tersebut diantaranya :

  • Transfer via rekening bank

Dalam dunia bisnis online, metode payment pertama ini sudah banyak digunakan meskipun termasuk metode yang dianggap kuno dan sedikit merepotkan. Pada metode yang satu ini, proses pembayaran melibatkan pembeli dan penjual dengan melakukannya secara manual. Pembeli harus mentransfer uang sejumlah harga yang ditentukan. Setelah itu lakukan cek saldo rekening apakah berkurang atau tidak untuk memastikan transfer yang dilakukan berhasil atau tidak.

Tidak sampai disitu, pembeli harus melakukan pembayaran biaya administrasi ketika rekening bank yang digunakan berbeda dengan rekening penjual atau pemilik toko online. Beberapa cara untuk melakukan transfer via rekening bank bisa melalui :

  • Internet banking
  • SMS banking
  • ATM
  • Mobile banking
  • Online payment via kartu kredit

Dibandingkan dengan pembayaran online menggunakan rekening bank, online payment via kartu kredit ini merupakan sistem pembayaran yang paling mudah dilakukan. Ketika berbelanja online menggunakan kartu kredit, Anda hanya perlu memasukkan nomor kartu dan nilai harga. Selain itu jangan lupa untuk menyertakan nama, nomor telepon, dan alamat yang sesuai dengan data kartu kredit.

Pembayaran via kartu kredit tidak mengharuskan penjual untuk melakukan konfirmasi dari konsumen karena transaksi sudah terverifikasi secara otomatis. Selama menggunakan layanan pembayaran via kartu kredit, Anda harus lebih waspada pasalnya sangat rawan terkena serangan hacker dan penipuan terlebih ketika toko online yang digunakan tidak memiliki sistem keamanan yang baik.

  • Cash On Delivery (COD)

Bagi customer atau konsumen yang masih ragu dan merasa takut akan penipuan yang terjadi dengan melakukan pembayaran online, metode COD ini sangat cocok untuk digunakan. Dibandingkan dengan metode online payment yang lainnya, Cash On Delivery ini mempunyai kelebihan tersendiri dimana Anda tidak perlu memiliki rekening perbankan.

Selain itu, kelebihan melakukan COD yaitu Anda bisa memeriksa terlebih dahulu barang atau produk yang dibeli dari toko online. Dengan begitu, hal tersebut dapat dilakukan untuk mengurangi resiko memperoleh barang yang tidak berkualitas.

  • Pembayaran via minimarket

Selain melakukan COD, bagi Anda yang tidak memiliki rekening bank metode payment via minimarket bisa menjadi salah satu alternatif untuk melakukan pembayaran secara online. Cara yang harus dilakukan cukup mudah, Anda hanya perlu meminta bantuan ke kasir di minimarket yang sudah bekerja sama dengan toko online atau aplikasi online shop yang digunakan.

Itulah jenis-jenis pembayaran online yang saat ini sudah banyak digunakan untuk melakukan online payment. Berdasarkan kekurangan dan kelebihan yang ada, kira-kira Anda tertarik menggunakan metode yang mana?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *