Layanan Cashless Indonesia, Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangannya?

Pernahkah Anda mendengar istilah e-toll atau bahkan pernah menggunakan fasilitasnya? Atau mungkin Anda juga sering menggunakan layanan payment Go-Pay, T-Cash, OVO? Ketahuilah bahwa istilah-istilah tersebut termasuk salah satu layanan cashless Indonesia yang tengah populer di kalangan masyarakat di era modern seperti sekarang. Untuk mendukung pertumbuhan masyarakat saat ini, berbagai metode payment cashless mulai bermunculan di dunia perekonomian Indonesia.

Apa Itu Cashless Indonesia?

Bagi sebagian orang yang masih awam, istilah cashless mungkin masih terdengar asing. Maka dari itu untuk mengenal lebih jauh apa itu cashless kita akan mengetahui apa itu pengertiannya. Secara harfiah, cashless berarti tanpa uang tunai. Sedangkan sistem cashless merupakan salah satu metode transaksi yang tidak lagi menggunakan uang tunai melainkan memanfaatkan media elektronik seperti kartu debit atau dompet virtual.

Kelebihan Dan Kekurangan Cashless Indonesia

Semakin canggihnya teknologi di era modern sekarang ini menghadirkan layanan cashless memiliki tujuan utama yaitu memberikan kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi atau pembayaran. Tidak hanya itu saja, berikut ini terdapat beberapa kelebihan sistem layanan cashless yang bisa dirasakan oleh para pengguna.

  • Lebih nyaman dan efisien

Jika dibandingkan dengan transaksi atau pembayaran yang dilakukan secara tunai, payment cashless ini lebih nyaman dan efisien dilakukan. Kelebihan yang satu ini sudah diterapkan dalam sistem pembayaran e-toll dengan tujuan mengurangi kemacetan yang terjadi ketika antri pembayaran tol dan hasilnya terbukti meminimalisir kemacetan.

  • Mempermudah dalam meninjau transaksi

Dengan melakukan transaksi cashless secara online transaksi yang telah Anda lakukan akan lebih mudah dilacak mulai dari jumlah transaksi, waktu, tempat, dan data penting lainnya. Kemudahan ini akan sangat membantu Anda dalam mengontrol transaksi ataupun pembayaran yang sudah dilakukan sehingga meminimalisir terjadinya penyalahgunaan dan pengeluaran yang berlebihan.

  • Ragam penawaran promo menarik

Saat ini berbagai transaksi cashless banyak memberikan penawaran promo yang menarik dengan merk-merk tertentu yang sudah menjalin kerjasama. Adanya promo tersebut sangat membantu Anda dalam menghemat biaya yang akan dikeluarkan ketika ingin melakukan transaksi dan pembayaran.

Meskipun pada dasarnya sistem layanan cashless hadir untuk memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, kenyataannya tidak sedikit kekurangan dan kelemahan yang dimiliki yaitu :

  • Lebih boros

Ketika transaksi payment cashless dilakukan secara non fisik, hal ini menyebabkan kesan lebih boros pasalnya saat melakukan pembayaran Anda tidak merasakannya secara sadar. Sehingga secara tidak langsung, Anda akan keenakan dalam mengeluarkan uang elektronik dalam proses transaksi cashless.

  • Dibutuhkan pemahaman teknologi

Metode cashless merupakan sistem layanan yang berbasis elektronik dimana para penggunanya harus memiliki pemahaman teknologi yang bagus. Mengapa harus demikian? Pasalnya setiap pengguna akan dituntut untuk bisa berinteraksi secara langsung dengan mesin ATM, mesin EDC, ataupun smartphone.

Bagi kaum lansia atau orang-orang yang belum mengenal teknologi dengan baik, hal ini tentu saja menjadi kendala dalam penggunaan layanan sistem cashless. Karenanya, tidaklah heran jika layanan cashless banyak bermunculan hanya di pusat perkotaan yang orang-orangnya telah banyak mengenal teknologi modern.

  • Merugikan apabila kehilangan kartu

Ketika Anda kehilangan kartu dimana kartu tersebut masih memiliki saldo, Anda tidak bisa melakukan back up dana ke kartu yang baru. Untuk mengatasi kekurangan saat menggunakan cashless Indonesia, pastikan Anda selalu menyimpan dengan baik kartu yang dimiliki.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *