Tidak Sulit, Inilah Cara Mendapatkan Uang Elektronik Yang Harus Diketahui

Dimulainya penerapan sistem pembayaran non tunai di gerbang tol yang dimulai pada bulan Oktober lalu secara tidak langsung menyadarkan masyarakat bahwa saat ini era uang elektronik atau e-money sudah berlaku di Indonesia. Tidak seperti yang dibayangkan, ternyata cara mendapatkan uang elektronik ini cukup mudah. Dengan adanya e-money, masyarakat diharapkan bisa meninggalkan kebiasaan dan ketergantungannya terhadap transaksi atau pembayaran yang dilakukan menggunakan uang tunai.

Tidak hanya berlaku untuk gerbang tol saja, salah satu transportasi yang ada di Ibu Kota Jakarta ternyata lebih dulu menerapkan sistem elektronik money atau uang elektronik. Dengan sistem tersebut, bus Transjakarta saat ini tidak lagi menggunakan uang cash untuk bisa masuk dan keluar dari halte karena sistem pembayarannya sudah tersimpan dalam kartu plastik khusus.

Cara Mendapatkan Uang Elektronik Yang Mudah Dilakukan

Penggunaan elektronik money di gerbang tol dan bus Transjakarta tidak hanya menggunakan kartu yang telah disediakan provider transportasi saja. Saat ini Anda sudah bisa menggunakan elektronik money yang diterbitkan sejumlah perbankan yang ada di Indonesia. Cara mendapatkan uang elektronik ini cukup mudah, sebelumnya Anda hanya perlu memilih akan menggunakan produk e-money yang mana.

Beberapa perbankan sudah menerbitkan e-money seperti Bank Mandiri dengan nama Mandiri E-Cash, Bank BCA dengan nama BCA Flazz, Bank BNI dengan nama BNI TapCash, Bank BRI dengan nama Brizzi, dan beberapa bank lain seperti Bank BTN dan Bank DKI. Selain provider berbagai perbankan, e-money juga diterbitkan oleh beberapa provider telekomunikasi seperti Telkomsel dengan nama T-Cash dan Indosat Ooredoo dengan nama Dompetku.

Setelah mendapatkan uang elektronik, Anda harus melakukan pengisian ulang kartu tersebut. Sampai saat ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membeli isi kartu e-money diantaranya :

  • Melakukan pengisian di mesin ATM sesuai dengan bank yang menerbitkan kartu e-money. Caranya Anda hanya perlu memasukkan kartu ATM, kemudian pilih menu membeli e-money. Setelah itu masukkan nominal jumlah yang Anda inginkan, selanjutnya tempelkan kartu e-money di tempat yang telah disediakan.
  • Kartu e-money comuter line bisa dilakukan pengisian ulang langsung di loket stasiun. Saat ini sudah banyak stasiun yang menyediakan mesin pengisian ulang kartu.
  • Untuk memudahkan para pengguna uang elektronik, kini Anda juga bisa melakukan pengisian ulang e-money di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart terdekat.
  • Berbagai marketplace pun kini mulai menyediakan layanan pengisian ulang e-money seperti Blibli dan Tokopedia. Untuk melakukannya Anda hanya perlu login ke dalam akun yang dimiliki kemudian pilih menu pengisian e-money.
  • Fitur Go-Mart yang diterbitkan oleh Go-Jek juga bisa Anda gunakan untuk mengisi ulang kartu e-money. Fitur ini sudah menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, dan BCA. Namun layanan ini masih berlaku di beberapa wilayah tertentu di Indonesia seperti Depok, Tangerang, Jakarta, Bekasi.

Meskipun pemerintah mencanangkan masyarakat untuk beralih ke sistem pembayaran menggunakan e-monet, tampaknya hal ini belum populer dengan pesat di masyarakat. Salah satu kendalanya tidak lain adalah ketergantungan dan tradisi masyarakat terhadap transaksi dan pembayaran yang masih menggunakan uang tunai sudah sangat lama melekat dalam dirinya.

Adapun salah satu upaya yang dilakukan pemerintah agar masyarakat lebih mudah mendapatkan uang elektronik ini yaitu dengan memberikan penawaran diskon mencapai 50 persen. Nah bagi Anda yang tertarik menggunakan e-money yang diterbitkan perbankan, Anda tidak harus menjadi nasabah terlebih dahulu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *